Beberapa Tips dan Rekomendasi Tools untuk Kerja Kolaborasi Secara Online

Dengan kondisi pandemik saat ini menjadi sebuah tantangan bagi para pekerja dan juga entrepreneur untuk dapat bekerja kolaborasi secara online. Kalau dahulu kita terbiasa bekerja secara tatap muka, berdiskusi secara langsung, dan dapat memunculkan berbagai ekspresi bahasa tubuh dan muka secara langsung, namun kini sangatlah sulit karena dibatasi keadaan.

Saya sendiri saat ini sedang membina sebuah startup yang selama pembentukan dan bekerjanya semua dilakukan secara remote. Ada yang bekerja dari Jakarta, Jepang, Malang, dan Sumatera. Bekerja secara remote merupakan tantangan tersendiri dan bukan hal tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan terus menerus mengupdate proses bekerja, kami yakin akan mendapat hasil yang optimal. Disini saya ingin sedikit berbagi tips dan cerita apa saja yang saya dan tim lakukan untuk bekerja kolaborasi secara online.

Untuk mempermudah kolaborasi ada baiknya kita bentuk dahulu framework kerjanya kedalam empat bagian besar, yaitu komunikasi, manajemen project, penyimpanan file, dan memecahkan masalah. Dari keempat bagian tersebut kita pilih tools online yang dapat menunjangnya. Berikut adalah gambaran tools yang saya gunakan:

Dalam berkomunikasi kami coba mengalihkan dari yang awalnya Whatsapp Group ke Discord. Alasannya adalah agar mempermudah dalam mengkategorisasi project dan juga memonitor pekerjaan. Sebenarnya ada beberapa tools lain yang dapat menjadi alternatif lain sebagai platform komunikasi secara kolaborasi seperti Slack, dll.

Dalam mengatur project ada 2 tools yang dapat digunakan, yaitu Google Excel Sheet untuk mengupdate KPI dan OKR serta Trello dalam memonitor sprint pekerjaan mingguan.

Dalam menyimpan file dan berbagai dokumen kami menyiapkan Google Drive agar seluruh akses file dan dokumen dapat dilihat dan diupdate langsung oleh anggota tim sekaligus agar semua tim.

Terkadang pada kondisi tertentu tim dapat mengalami suatu kendala yang perlu diselesaikan secara bersama-sama, disini kita dapat menggunakan platform untuk brainstorming seperti Miro atau Figma. Figma sendiri dapat juga digunakan juga dalam pembuatan desain UI/UX.

Mungkin itu saja sedikit tips dan cerita bagaimana cara bekerja kolaborasi secara online, mungkin saja rekan-rekan memiliki cara yang lebih ampuh, yuk kita saling share agar pekerjaan dapat lebih optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Open chat